Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh,
menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta
didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi
informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Dengan diberlakukannya
kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran berbasis aktivitas, maka
penilainnya lebih menekankan pada penilaian proses baik pada aspek sikap,
pengetahuan, dan keterampilan
Dalam laporan hasil belajar atau raport Kurikulum
2013 SD, penilaian setiap muatan pelajaran meliputi kompetensi pengetahuan,
kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap. Kompetensi pengetahuan dan
kompetensi keterampilan menggunakan skala 1-4, sedangkan kompetensi sikap
menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K), yang
dapat dikonversi ke dalam Predikat A - D.
- Pengolahan Nilai Aspek SikapPenilaian aspek sikap diperoleh dengan menggunakan instrumen: (1) observasi; (2) Penilaian diri sendiri; (3) Penilaian antarteman; dan (4) Jurnal catatan guru. Tetapi dalam pengolahan nilai yang akan diisikan pada buku rapor, penilaian diri sendiri dan penilaian antarteman hanya digunakan sebagai bahan konfirmasi. Sedangkan jurnal catatan guru digunakan untuk mengisi saran-saran pada buku raport.
- Pengolahan Nilai Aspek Pengetahuan
Meskipun nilai aspek pengetahuan diolah secara kuantitatif, tetapi yang dicantumkan di buku raport adalah deskripsi kualitatif. Deskripsi tersebut berupa kalimat positif terkait kemampuan peserta didik dalam setiap muatan dan usaha-usaha yang perlu untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan. - Penghitungan nilai capaian kompetensi peserta didik secara kuantitatif, dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM), sebagai pertimbangan untuk melakukan program remedial. Penghitungan nilai capaian kompetensi peserta didik dalam satu semester secara kuantitatif, dilakukan
- Pengolahan Nilai Aspek KeterampilanPenilaian Keterampilan diperoleh melalui penilaian kinerja yang terdiri atas penilaian praktik/kinerja, penilaian projek, dan penilaian portofolio. Pengolahan nilai keterampilan dapat menggunakan bobot yang sama atau berbeda untuk teknik penilaian.
Berikut ini contoh aplikasi rapot kurikulum 2013
untuk Sekolah Dasar yang dikembangkan oleh Bapak Andi Wiranata, Guru TIK SD Muhammadiyah condongcatur. Aplikasi ini mengunakan mikrosof Excel. Aplikasi tersebut dapat di download di sini
0 komentar:
Posting Komentar